Sabtu, 02 Februari 2013

SEJARAH ICATT

SEJARAH IKATAN CENDEKIAWAN ALUMNI TIMUR TENGAH (ICATT) INDONESIA

I.         Organisasi
Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia adalah wadah yang menghimpun alumni yang pernah belajar di kawasan Timur Tengah yang meliputi Mesir, Sudan, Suriah, Maroko, Tunisia, Arab Saudi dan Pakistan. Jumlah alumni tengah yang telah kembali ke Indonesia dan berkiprah di dalam berbagai bidang jumlahnya telah mencapai ribuan. Khusus di Sulawesi Selatan jumlahnya sekitar 500-an. Akan tetapi jumlah tersebut belum terdata seluruhnya karena keterbatasan informasi yang detail mengenai keberadaan dan aktifitas para alumni tersebut.
Pada awalnya, organisasi ini bernama Ikatan Alumni Timur Tengah (IATT) yang didirikan pada tanggal 15 Juli 1989 bertepatan dengan 13 Zulhijjah 1409 dan berkedudukan di Mangkoso Kabupaten Barru. Dalam perjalanannya, organisasi ini mengalami pergantian nama menjadi Persatuan Alumni Timur Tengah (PATT) se-Sulawesi, Ikatan Keluarga Alumni Timur Tengah (IKATT) Sulawesi dan terakhir bernama Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia.
Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia adalah nama yang lahir melalui Musyawarah Besar yang berlangsung di Pondok Madinah Makassar pada tanggal 24 April 2011. Penambahan kata Cendekiawan disepakati oleh peserta Musyawarah Besar untuk lebih memaksimalkan peran dan sumbangsih kepada umat dan tidak hanya berfungsi sebagai organisasi kekeluargaan. Wilayah cakupannya juga tidak lagi terbatas pada pulau Sulawesi, namun mencakup Indonesia secara umum sehingga keanggotaannya tidak lagi terbatas kepada alumni yang bermukim di Sulawesi. Hal ini didasari oleh adanya permintaan dan desakan para alumni yang berkiprah di luar sulawesi dan pernah aktif di bawah payung organisasi Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS) di Mesir.
II. Periodesasi Kepengurusan
No.
PERIODE
NAMA ORGANISASI
KETUA
SEKRETARIS
1.
I (1989-…)
Ikatan Alumni Timur Tengah (IATT) Sulsel
Prof. DR. AGH. Faried Wajedy, MA
Prof. DR. H. Najmuddin HS, MA
2.
II (… - 2001)
Persatuan Alumni Timur Tengah (PATT) se-Sulawesi
Prof. DR. AGH. Faried Wajedy, MA
Prof. DR. H. Najmuddin HS, MA
3.
III (2001 – 2005)
Ikatan Keluarga Alumni Timur Tengah (IKATT) Sulawesi
Drs. KH. Shabir Musi, MA
AGH. DR. Mustamin Arsyad, MA
4.
IV (2005-2011)
Ikatan Keluarga Alumni Timur Tengah (IKATT) Sulawesi
AGH. DR. Mustamin Arsyad, MA
DR. H. Muammar Bakry, MA
5.
V (2011 – 2014)
Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah (ICATT) Indonesia
DR. H. Muammar Bakry, MA
H. Shaifullah Rusmin, Lc., M.Th.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar